Breaking News

Cara Mudah Memperbaiki Kolom Bangunan yang Retak

Aura Building - Masalah yang sering menimpa kolom adalah retaknya kolom bangunan tersebut. Hal ini seringkali disebabkan oleh pemilihan bahan bangunan yang berkualitas rendah. Pengukuran dimensi yang kurang tepat dan tidak sesuai aturan pun dapat mengakibatkan retaknya kolom.

Cara Mudah Memperbaiki Kolom Bangunan yang Retak

Berdasarkan tingkat kerusakannya, retak kolom bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu retak rambut dan retak struktur. Retak rambut adalah retak yang memiliki ukuran kurang dari 2 mm. Sedangkan retak yang berukuran lebih dari 2 mm dinamakan retak struktur.

Retak Rambut

Retak rambut merupakan sebutan untuk retak yang sangat halus dengan lebar kurang dari 2 mm. Retak ini umumnya ditimbulkan oleh penggunaan air yang terlalu banyak pada saat pembuatan adukan material beton. Selain itu gempa bumi dan tekanan angin juga dapat menimbulkan keretakan halus pada beberapa bagian kolom bangunan. Walaupun tidak begitu mengurangi kekuatan kolom, tetapi retak rambut ini berisiko menimbulkan korosi pada tulangan baja apabila dibiarkan.

Retak Struktur

Suatu kolom dikatakan memiliki retak struktur jika terdapat keretakan yang cukup lebar di atas 2 mm. Karena kerusakannya yang besar, kolom yang mengalami retak struktur bakal berkurang kekuatannya secara drastis. Untuk itu, retak ini harus diperbaiki sesegera mungkin sebab sewaktu-waktu berpotensi mengakibatkan bangunan runtuh. Retak struktur biasanya dipengaruhi oleh ketidakmampuan kolom dalam menahan beban dari luar yang sangat kuat.

Cara Mengatasi

Guna mencegah terjadinya keretakan yang lebih parah, baik retak rambut maupun retak struktur harus diperbaiki dengan benar secepatnya. Adapun metode yang paling banyak dipakai adalah injeksi epoxy, yaitu menyuntikkan campuran epoxy pada bagian-bagian kolom yang retak. Sehingga permukaan yang kopong tadi terisi kembali dengan kuat.

Pada retak rambut, caranya mudah sekali yaitu dengan memasukkan cairan epoxy ke dalam kolom yang retak melalui suntikan. Sementara itu, untuk memperbaiki retak struktur, anda perlu mengecek terlebih dahulu seberapa busuk tingkat kerusakannya. Jika keretakan belum begitu parah, anda bisa langsung mengisi retak struktur menggunakan cairan epoxy. Namun bila keretakan yang timbul sudah terbilang buruk, mau tidak mau anda perlu memperbesar dimensi kolom bangunan tersebut sekaligus menambal keretakannya.

No comments